My Clock

Minggu, 15 April 2012

Wawasan Nusantara 2

Wawasan Nusantara II

A.    Letak Geografis Indonesia dalam peta dunia dan globe.

            Tahukah anda ? bahwa Indonesia itu diapit antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Oleh karena itu, Indonesia disebut Nusantara. Nusa berarti pulau, antara berarti diapit, Indonesia juga diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

B.     Letak Indonesia dalam hubungan dengan wilayah sekitarnya.

Secara ekonomis, letak Indonesia sangat strategis karena jalur Selat Lombok, Selat Makassar terus ke Laut Sulu sangat baik untuk pelayaran kapal laut karena kedalamannya. Laut Maluku di Dangkalan Sahul merupakan urat nadi perdagangan antara Australia dan Asia serta negara – negara Asia Timur dengan negara – negara Asia Selatan, Timur Tengah, bahkan negara Eropa. Indonesia juga diapit oleh pelabuhan pusat perdagangan dunia seperti, Singapura, Jepang dan Hongkong.

C.     Negara – negara sekitar Indonesia

Tahukah anda ? bahwa Indonesia adalah negara terluas di Asia Tenggara. Luas seluruh wilayah Indonesia kira – kira 9,8 juta km² terdiri dari daratan seluas kira – kira 1,9 juta km² dan perairan seluas kira – kira 7,9 juta km². Wilayah daratan terdiri dari 13.667 pulau, yang sudah nama dan berpenghuni sekitar 957 pulau.
Negara tetangga disebelah utara Indonesia antara lain Malaysia, Singapura, Bunai Darussalam, Filipina, Muangthai, Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar. Di antara sembilan negara tetangga tersebut, yang memiliki batas daratan dengan Indonesia adalah Malaysia. Negara tetangga disebelah timur Indonesia adalah Papua Nugini. Negara ini juga berbatasan langsung dengan daratan wilayah kita, yaitu Irian Jaya. Dan negara sebelah selatan Indonesia adalah Australia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar